Membaca Jakarta bersama Ngojak, dari Cikini hingga Salemba

Menurut makalah yang kami terima diawal pelaksanaan #Ngojak11, stasiun Salemba adalah stasiun tempat transit sebelum ada jalur kereta api lintas Manggarai. Stasiun Salemba juga berfungsi sebagai jalur dalam pengangkutan candu dari pabrik candu yang berada di sebelahnya. Melalui stasiun ini lah kemudian registrasi dan relasi perjalanan kereta api pengangkut candu dilaksanakan.

Memasuki kawasan kampus UI, kami mencoba menyusuri jejak pabrik candu yang dahulu berlokasi di area tersebut. Sayang informasi yang kami miliki kurang memadai untuk mengetahui secara pasti letak pabrik candu tersebut berada.

Masih di kawasan kampus UI Salemba, kami menuju gedung Fakultas Kedokteran UI (FKUI). Di depan gedung kampus ini kami berbagi kisah tentang berbagai peristiwa sejarah dan pergerakan yang terjadi, seperti peristiwa TRITURA, hingga kisah kepahlawanan Prof. Dr. dr. Abdurrahman Saleh, seorang guru besar FKUI yang juga merupakan perwira Angkatan Udara Republik Indonesia dan salah seorang pendiri Radio Republik Indonesia. Pak Karbol, demikian Prof. Dr. dr. Abdurrahman Saleh dijuluki, tewas saat pesawat berisi obat-obatan yang ditumpanginya jatuh ditembak Belanda di Jogjakarta.

Di depan gedung FKUI Salemba | Foto milik mba Rahmah Karuniasih

#Ngojak11 berakhir di gedung FKUI. Lelah dan dahaga yang terasa mampu saya ubah menjadi sebuah kepuasan batiniah. Berjalan menyusuri sudut-sudut kota Jakarta bersama Ngojak selalu menyenangkan. Selalu ada hal dan tempat baru yang kita jumpai, yang mampu memperkaya sudut pandang kita dalam melihat warna kota Jakarta.

-Jakarta, 30 Januari 2018-

*postingan asli dari blog Adi Nugraha

Tinggalkan Balasan