Akses Keanggotaan Ditutup

Sejak pertama kali diluncurkan tanggal 27 Januari 2018, semua peserta yang akan mengikuti kegiatan Ngojak wajib memiliki akun di website ngopijakarta.com.  Sistem yang terintegrasi ini kemudian dikenalkan pada #NgoJak Vol.12 edisi “Kramat-Kwitang; yang Lamat-lamat Menghilang” tanggal 24 Februari 2018. Keuntungan yang ditawarkan bagi peserta yang menjadi anggota di website antara lain: mendapatkan tiket gratis kegiatan jika tulisannya dipublikasikan di web dan bebas akses makalah yang tersedia di laman unduh makalah.

Dalam rentang Januari 2018 hingga Maret 2021, tercatat 665 pendaftar di web yang terdiri dari 28 kontributor sebagai penulis, 17 berlangganan melalui surel, dan sisanya adalah peserta yang mendaftar melalui halaman registrasi. Dalam kurun waktu yang sama, tercatat 288 kali pengunduhan 32 makalah yang dilakukan 94 anggota web ngopijakarta.com.

Seiring berjalannya waktu dan situasi pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun lalu, kegiatan Ngojak juga terkena imbasnya. Dengan segala keterbatasan, kegiatan daring sempat menghiasi konten media sosial, seperti #NgoJakNgabuburit pada bulan Mei 2020, 2 produksi podcast bulan berikutnya, dan 2 kegiatan virtual bertema hiburan di Batavia dan napak tilas proklamasi menghiasi bulan Agustus 2020, sekaligus kegiatan terakhir yang kami lakukan.

Pada bulan Maret 2021, kami mengambil keputusan untuk menonaktifkan akses keanggotaan di website ngopijakarta.com mulai bulan April 2021 karena rendahnya penggunaan dan tantangan pengelolaan website yang mencakup pembebanan biaya hosting website ngopijakarta.com. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Kengkarawan yang telah ambil bagian di website ngopijakarta.com  dan memberikan kontribusi, termasuk dalam mengunduh makalah dan pengembangan konten lainnya.

Selama masa tenggang ini, fitur keanggotaan tetap berjalan seperti sedia kala. Kengkarawan juga bisa menghapus akun sendiri setelah login. Pendaftaran baru dan bebas mengunduh makalah hingga tanggal 31 Maret 2021 pukul 23:59 WIB. Tombol registrasi akan dinonaktifkan mulai tanggal 1 April 2021. Data anggota, mulai dari nama lengkap, e-mail, tanggal lahir, nomor ponsel dan alamat rumah akan dihancurkan oleh sistem secara otomatis pada tanggal 2 April 2021. Setelah layanan keanggotaan website ngopijakarta.com ditutup, unduhan untuk makalah akan diinfokan berikutnya.

Sebagai catatan penutup, kontributor penulis tidak akan dihapus.

Dari kami semua di ngopijakarta.com, terima kasih sudah menjadikan website ini sebagai tempat yang spesial untuk mengisi akhir pekan dan hari-hari biasa dengan cara yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan