Ketentuan Makalah

Makalah-makalah ini bebas disebarluaskan untuk kepentingan berbagi pengetahuan. Tidak diperkenankan untuk kepentingan komersil dalam bentuk apapun. Hak cipta sepenuhnya milik Ngopi (di) Jakarta (NgoJak).

Rayhan Biadilla

Penyusun

Novita Anggraini

Penyusun

Kiky Priscilia Putri

kontributor

Adi Nugraha

kontributor

Diella Dachlan

Kontributor

Cover Makalah Quo Vadis

Makalah Khusus:
Quo Vadis

Proyek reklamasi Teluk Jakarta bukanlah hal baru dalam perkembangan pembangunan Ibukota. Sejak awal telah mendapati penolakan dari masyarakat dan nelayan karena dampaknya terhadap pemburukan lingkungan pesisir maupun penggusuran ruang hidup dan penghidupan nelayan di Teluk Jakarta. Celakanya, meski kepemimpinan di DKI Jakarta berganti dari satu gubernur ke gubernur baru. ​

Onrust Cover

Makalah Khusus
Onrust: Pulau Kecil dengan Sejarah Besar

Pulau Onrust adalah salah satu pulau kecil dari seratusan pulau yang tersebar di Wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta. Meski kecil, pulau ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan berlapis dalam rentang waktu tiga setengah abad. Laju abrasi pantai telah mengurangi luas pulau ini dari 12 hektar dulu menjadi 7,6 hektar sekarang.

Edam Cover_

Makalah Khusus
Cahaya dan Kelam di Pulau Edam

Pulau Edam atau Pulau Damar Besar adalah salah satu dari 110 pulau yang masuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau kecil seluas 36 hektar ini memiliki sejarah yang menarik. Nama Edam sendiri diambil dari nama sebuah kota kecil di Municipality Edam Volendam, terletak 20 kilometer dari Amsterdam.

ngojakramadan

Makalah #NgoJakRamadan:
Islam dan Nasionalisme di Jakarta

Pemikiran beberapa tokoh hingga membentuk gerakan-gerakan keislaman dan kebangsaan, seperti Nahdlatul Ulama, Syarikat Islam, juga beberapa peristiwa yang mungkin saja luput dalam ingatan kita.  Makalah edisi khusus Ramadan ini banyak mengulas gerakan-gerakan keislaman.

Makalah #NgoJak Vol.17:
Pasar Baru

Pasar Baru sebagaiman layaknya pusat-pusat niaga lainnya, adalah pusat pemasukan pemerintah dari pajak atau bea-cukai transaksi. Pasar sebenarnya adalah kata pelafalan dalam bahasa lokal, di mana kata itu dapat berasal dari bazaar atau dari Passer. Pass dalam bahasa Belanda, berarti pajak, bea, cukai tol ataupun gerbang pembayaran, dengan imbuhan er, berarti ada subyek yang menarik.

Makalah NgoJak
Asian Games:
Ini Kandang Kita

NgoJak Vol.13 sedikit berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Di rute ini kita tidak menemukan relasi-relasi sosial yang bisa menjadi ciri khas suatu daerah, baik kesamaan suku maupun agama yang melahirkan budaya baru. Edisi ini lebih banyak mengeksplorasi bangunan-bangunan megah bercita rasa tinggi.

Makalah #NgoJak Vol.15: Tanah Abang

Tanah Abang adalah salah satu kecamatan di Jakarta Pusat yang ditetapkan namanya oleh Pemprov DKI Jakarta, melingkupi Kelurahan Bendungan Hilir, Kebon Kacang, Kebon Melati, Petamburan, Gelora, Karet Tengsin, dan Kampung Bali. Tanah Abang; Punya Cara dan Cerita yang membuatnya tetap bertahan dari masa ke masa.

Makalah #NgoJak Vol.14:
Parakan Baranangsiang

Parakan Baranangsiang merupakan sebuah legenda perkampungan yang menyimpan sejarah begitu panjang tentang kejayaan masa lampau. Klenteng Pan Kho Bio yang dibangun abad ke-16, petilasan Raden Mangun Jaya, jejak ekspedisi Scipio, dll.

Makalah #NgoJak Vol.11: Cikini

Asal-usul nama Cikini hingga saat ini masih belum terjawab dengan baik. Asal-usul nama daerah yang terdekat dengan Cikini adalah Menteng, Gondangdia dan Kramat sudah diketahui, namun untuk asal-usul nama Cikini sendiri masih menjadi misteri. Pada peta Batavia tahun 1853 nama Cikini belum tercatat.

Makalah #NgoJak Vol.13: Weltevreden

NgoJak Vol.13 sedikit berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Di rute ini kita tidak menemukan relasi-relasi sosial yang bisa menjadi ciri khas suatu daerah, baik kesamaan suku maupun agama yang melahirkan budaya baru. Edisi ini lebih banyak mengeksplorasi bangunan-bangunan megah bercita rasa tinggi.

Makalah #NgoJak Vol.10: Manggarai

Setiap daerah punya cerita asal-usulnya, baik itu karena adanya peristiwa tertentu, karena dimiliki oleh pihak tertentu atau karena diberikan pada golongan tertentu. Kajian kali ini mengenai sebuah daerah yang bernama Matraman dan Manggarai, sebagai salah satu daerah pembentuk Jakarta di masa lalu, kini dan esok.

Makalah #NgoJak Vol.12: Kramat Kwitang

Teori amatir bahwa Ci Liwung adalah ibu bagi budaya-budaya di Jakarta kembali terbukti. Sekelompok pemuda dari Pulau Garam memilih menjadi alternatif kesombongan para filsuf kopi. Atau para pendekar yang mempelajari jurus-jurus warisan Cina dengan gaya lokal.

Makalah #NgoJak Vol.9: Jatinegara

Sebutan daerah Meester Cornelis berasal dari seorang yang bernama Cornelis Senen. Dia berasal dari pulau Lontar, Kepulauan Banda Neira yang dibawa oleh Gubernur Jendral Jan Pieter Zoon Coen pada tahun 1621. Cornelis Senen mengabdi pada VOC sebagai rohaniawan.

Makalah #NgoJak Vol.8:
Karet, Pusara Kaum Revolusioner

Di sepanjang aliran sungai Krukut, sejak dari kawasan Depok hingga kota Jakarta, setidaknya ada beberapa situs bersejarah seperti makam dan tempat ibadah. Ada 9 masjid tua yang terdapat angka tahun pendiriannya. Masjid Al-Hidayatullah dan Vihara Amurva Bhumi. Dua-duanya dibangun sebagai reaksi sebuah peristiwa kelam; Geger Pecinan di tahun 1700-an.

Makalah #NgoJak Ngabuburit:
Bunga Rampai Sejarah Masuknya Islam
di Indonesia

Mengorek serpihan-serpihan masa lalu di daerah elit Kuningan. Masuknya Islam di Nusantara (tidak terbatas pada kawasan yang sekarang disebut Indonesia saja), diyakini telah ada sejak awal Islam tumbuh di al-Haramayn (Hijaz) dan saat Nabi Muhammad SAW masih hidup.

Makalah #NgoJak Vol.7:
Menteng Kota Taman Pertama
di Indonesia

Suasana Kolonial di Indonesia pada umumnya dan Batavia secara khusus, selalu mengacu pada tata ruang, terutama pemukiman, sarana dan prasarana serta tempat tertentu milik pemerintah maupun swasta. Semua itu dibangun, tentu bukan untuk kepentingan pribumi, melainkan untuk kepentingan pihak Kolonial.

Makalah #NgoJak Vol.6:
Cawang - Kramat Jati

Cikal bakal nama Cawang menurut sejarah lisan, berasal dari kata Enchi Awang. Lidah lokal kemudian menyingkatnya menjadi Cawang. Sebutan Enchi adalah penyebutan khas dari daerah Melayu untuk seorang yang lebih tua atau lebih mulia.

Makalah #NgoJak Vol.5: Condet

Vila Tanjung Timur (Tandjoeng Oost) terletak pada posisi yang agak jauh dari Jalan Raya Pos. Letaknya malah lebih dekat ke sungai Ciliwung. Lokasi ini memang sangat cocok untuk dijadikan vila peristirahatan dalam perjalanan dari Batavia ke Buitenzorg (Bogor). Pemandangannya sangat indah.

Makalah #NgoJak Vol.4: Kampung Tugu

Para budak dari Portugis menghiasi wajah sejarah Batavia Lama. Mereka berkomunitas membentuk kebudayaan baru dan memberi sumbangsih berupa Keroncong Tugu yang masih bertahan hingga kini. Selain kekayaan tradisi, Kampung Tugu juga terkenal sebagai saksi perjanjian Pajajaran dan Portugis.

Makalah #NgoJak Vol.3:
Jakarta Sebuah Awalan

Sunda Kalapa adalah sebuah daerah yang terletak di muara sungai Ciliwung. Sebelum Kesultanan Demak berhasil menaklukkan daerah ini dan mengganti namanya menjadi Jayakarta pada tahun 1527, daerah ini adalah sebuah pelabuhan milik Kerajaan Pajajaran. Setelah ditaklukkan oleh VOC pada tahun 1619, Jayakarta kemudian menjadi ibukota VOC di Nusantara.

Makalah #NgoJak Vol.2: Depok
Kota Satelit Penyangga Ibukota

Asal usul nama Depok, diambil dari kata “Padepokan”, yang dalam bahasa Jawa berarti sebuah tempat, untuk bertempat tinggal sementara. Kata Padepokan sekarang dipersempit artinya menjadi bermakna Perguruan, padahal terdapat makna lain, jika tidak dipersempit maknanya. Kata Padepokan kemudian tetap digunakan untuk menyebutkan wilayah Depok.

Makalah #NgoJak Vol.1: Karadenan Kampung Para Bangsawan

Kampung Karadenan Berasal dari kata dalam bahasa Jawa, yaitu: Raden. Kata Raden diberi imbuhan Ka dan an, yang memberi arti tempat para raden atau bangsawan. Kampung Karadenan berada di Jalan Karadenan Kaum I, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Letak kampung Karadenan berada di bagian timur sungai Cihaliwung, yang bermata air di gunung Pangrango,

X